LATIHAN SOAL & PEMBAHASAN HIMPUNAN
LATIHAN
SOAL & PEMBAHASAN
HIMPUNAN
PETUNJUK:
1. Soal ini berbentuk
pilhan ganda
2. Kerjakan semua
soal dengan cara memberi tanda silang pada pilihan Anda.
3. Setiap soal hanya
ada satu jawaban benar.
SOAL
HIMPUNAN
1. Dari 40 orang
anggota karang taruna, 21 orang gemar tenis meja, 27 orang gemar bulutangkis,
dan 15 orang gemar tenis meja dan bulutangkis. Banyak anggota karang taruna
yang tidak gemar tenis meja maupun bulutangkis adalah ....
A. 15
B. 12
C. 7
D. 6
Jawaban C
Pembahasan
n(S) = 40, n(A) = 21,
n(B) = 27, n(A Ç B) = 15
n(A È B) = n(A) + n(B) – n(A Ç B) =
21 + 27 – 15 = 33
n(S) = n(A È B) + n(A È B)C
« n(A È B)C = n(S) – n(A È B) = 40
– 33 = 7
2. Diketahui N
= {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, P = {2, 3, 5, 7}, dan Q = {0, 2, 4,
6}. Pernyataan bernilai benar adalah ….
A. N È P Ç Q =
{P
B. N Ç P È Q =
{x½x ³ 2}
C. N Ç P Ç Q =
{Æ}
D. P Ç Q =
{x½x ≤ 2, x Î
Prima}
Jawaban D
Pembahasan
A. N È P Ç Q =
{0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} Ç {0, 2, 4, 6} = {0, 2, 4, 6} = Q ¹ P
B. N Ç P È Q =
{2, 3, 5, 7} È {0, 2, 4, 6}={0, 2, 3, 4, 5, 6, 7}={x½0 ≤ x ≤ 7, x ¹ 1}¹{x½x ³ 2}
C. N Ç P Ç Q =
{2, 3, 5, 7} Ç {0, 2, 4, 6} = {2} ¹ {Æ}
D. P Ç Q =
{2} Ì {x½x ≤ 2, x Î
Prima}
3. Jika JG =
Jajargenjang, BK = Belah Ketupat, PP = Persegi panjang, dan P = Persegi, maka hubungan
yang benar adalah ….
Jawaban C
4. Perhatikan Diagram
Venn di bawah.
Maka n((A È B) Ç C) adalah ….
A. {2}
B. {4}
C. 2
D. 4
Jawaban D
Pembahasan
(A È B) Ç C) = {a, b, c, d, g, i, j, k, m, n, o, p, q} Ç {e, f, m, j, k, q} = {m, j, k, q}
n((A È B) Ç C) = 4
5. Dalam suatu kelas
terdapat 45 siswa. Jika terdapat 25 siswa gemar membaca dan 30 siswa gemar
mengarang, maka banyak siswa yang gemar membaca dan mengarang apabila hanya ada
2 siswa yang tidak gemar keduanyaadalah ….
A. 12 orang
B. 18 orang
C. 37 orang
D. 40 orang
Jawaban
A
Pembahasan
n(S) = 45, n(A) = 25,
n(B) = 30, n(A È B)C = 2
n(S) = n(A È B) + n(A È B)C
«n(A È B) = n(S) – n(A È B)C =
45 – 2 = 43
n(AÈB) = n(A) + n(B) – n(AÇB) « n(AÇB) =
n(A) + n(B) – n(AÈ B) = 25 + 30 – 43 = 12
6. Perhatikan gambar
di bawah ini.
Pernyataan yang benar
adalah ….
A. A Ç B Ç
C = {a, b, f}
B. A Ç B È
C = {b, e, f}
C. A Ç B È
C = {a, b, e, f}
D. A È B Ç
C = {a, b, e, f}
Jawaban C
Pembahasan
A. A Ç B Ç
C = {a, b} Ç {b, e, f} = {b}
¹ {a, b, f}
B. A Ç B È
C = {a, b} È {b, e, f} = {a,
b, e, f} ¹ {b, e, f}
C. A Ç B È
C = {a, b} È {b, e, f} = {a,
b, e, f}
D. A È B Ç
C = {a, b, c, d, e, f} Ç {b, e, f} = {b,
e, f} ¹ {a, b, e, f}
7. Diketahui himpunan
Q = {a, b, c, d, e} dan P = {1, 2}, banyak pemetaan yang dapat
dibuat dari himpunan Q ke P adalah ....
A. 10
B. 14
C. 25
D. 32
Jawaban D
Pembahasan
n(Q) = 5 dan n(P) =
2, maka
banyak pemetaan dari
Q ke P adalah
8. Perhatikan diagram
panah di bawah ini.
Relasi dari himpunan A
ke himpunan B adalah ....
A. Kurang dari
B. Setengah dari
C. Akar kuadrat dari
D. Kuadrat dari
Jawaban
C
Pembahasan
1 adalah akar kuadrat dari 1
2 adalah akar kuadrat dari 4
3 adalah akar kuadrat dari 9
4 adalah akar kuadrat dari 16
Jadi relasi dari himpunan A ke himpunan
B adalah akar kuadrat dari
9. Diketahui:
A = {x | x
< 10, x ∈ bilangan prima}
B = {x | 1 < x < 10, x ∈ bilangan ganjil}.
Maka A Ç B
adalah ….
A. { 3, 4, 5 }
B. { 3, 5, 7 }
C. { 2, 3, 5 }
D. {1, 3, 5, 7 }
Jawaban B
Pembahasan
A = {2, 3, 5, 7} dan
B = {3, 5, 7, 9}, maka
A Ç B =
{3, 5, 7}
10. Diketahui:
A = {x ½ 11
≤ x ≤ 20, x Î
bilangan asli}
B = {x ½ x Î
bilangan komposit ≤ 20}
A ∪ B = ….
A. {11, 12, 13, 14,
15, 16, 17, 18, 19, 20}
B. {4, 6, 8, 9, 10,
12, 14, 15, 16, 18, 20}
C. {4, 6, 8, 9, 10,
11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20}
D. {2, 3, 5, 7, 9,
10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20}
Jawaban C
Pembahasan
A = {11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20} dan B = {4, 6, 8, 9, 10,
12, 14, 15, 16, 18, 20}, maka A ∪ B = {4, 6, 8, 9, 10,
11,12, 13, 14, 15, 16, 18, 19, 20}
11. Apabila
C={bilangan asli}, A={ bilangan ganjil}, B={bilangan genap}. Diagram
Vennnya adalah ….
Jawaban C
12. Sebanyak 25 siswa
diajukan pertanyaan tentang kegemaran bermain sepak bola dan bulu tangkis.
Ternyata 13 siswa gemar sepak bola, 11 siswa gemar bulu tangkis dan 4 siswa
gemar keduanya. Banyaknya siswa yang tidak gemar keduanya adalah ….
A. 5 orang
B. 10 orang
C. 16 orang
D. 21 orang
Jawaban A
Pembahasan
n(S) = 25, n(A) = 13,
n(B) = 11, n(A Ç B) = 4
n(A È B) = n(A) + n(B) – n(A Ç B) =
13 + 11 – 4 = 20
n(S) = n(A È B) + n(A È B)C
« n(A È B)C = n(S) – n(A È B) = 25
– 20 = 5
13. Diketahui A
= {bilangan ganjil kurang dari 10}; B = {bilangan prima kurang dari 10};
dan
C = {faktor dari 10}.
A Ç B
Ç C
= . . . .
A. { 1}
B. {5}
C. {1,2,5}
D. {1,2,3,5}
Jawaban B
Pembahasan
A = {1, 3, 5, 7, 9};
B = {2, 3, 5, 7}; C = {1, 2, 5, 10}
A Ç B
Ç C = {3, 5, 7} Ç {1,
2, 5, 10} = {5}
14. Diketahui
S={segitiga}; A={segitiga siku-siku}; B={segitiga samakaki}. A Ç B adalah
... .
A. Ø
B. {segitiga
samakaki}
C. {segitiga
siku-siku sama sisi}
D. {segitiga
siku-siku samakaki}
Jawaban D
Pembahasan
A Ç B =
{segitiga siku-siku sama kaki}
15. Diberikan: n
(A ∪ B) =
34 ; n(A) = 26 ; n(B) = 18. Maka n(A Ç B) adalah
....
A. 14
B. 12
C. 10
D. 8
D.
21 orang
Jawaban C
Pembahasan
n(AÈB) = n(A) + n(B) – n(AÇB) « n(AÇB) = n(A) + n(B) – n(AÈB) = 26 + 18 – 34 = 10
Daftar Pustaka
Harta, I, dkk.
2017. MODUL
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN-MATA PELAJARAN MATEMATIKA-SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)-TERINTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN
SOAL-KELOMPOK KOMPETENSI B-PROFESIONAL: HIMPUNAN. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat
Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar