LATIHAN SOAL & PEMBAHASAN LOGIKA MATEMATIKA



 PETUNJUK:
1. Soal ini berbentuk pilhan ganda
2. Kerjakan semua soal dengan cara memberi tanda silang pada pilihan Anda.
3. Setiap soal hanya ada satu jawaban benar.

SOAL LOGIKA MATEMATIKA
1. Perhatikan pernyataan berikut: “Kuadrat semua bilangan real 𝑥 lebih besar atau sama dengan nol”. Dari pilihan jawaban berikut, yang paling bernilai benar adalah:
A. Untuk setiap x, x Î R Þ x2 ³ 0
B. Untuk setiap x, x2 ³ 0
C. Semua x berlaku x2 ³ 0
D. Untuk setiap 𝑥, berlaku x2 ³ 0
Jawaban A
Pembahasan
Pada pilihan jawaban B, C, dan D tidak dijelaskan x sebagai elemen himpunan bilangan real

2.  Pernyataan tautologi ((–a Ù (𝑏 a) 𝑏) dijadikan landasan untuk kevalidan argumen jenis:
A. Modus ponens
B. Modus tolen
C. Silogisme
D. Kontradiksi 
Jawaban B
Pembahasan
A. Modus ponens ((a b) Ù a) 𝑏)
B. Modus tolen ((–a Ù (𝑏 a) 𝑏)
C. Silogisme ((a b) Ù (𝑏 c)) (a c))
D. Kontradiksi (a Ùa) = S)

3.    Jika diberikan pernyataan-pernyataan berikut: 
𝑝 =”2 + 7 ÷ 3 = 3”,
𝑞 =”Himpunan penyelesaian dari 𝑥2 – 2𝑥 – 3 = 0 adalah {1,-3}”, dan
r = “25 > 52 + 6” 
Maka, pernyataan majemuk berikut yang bernilai benar adalah
A. 𝑝 𝑞
B. 𝑝 𝑞
C. r 𝑞
D. 𝑝 r
Jawaban B
Pembahasan
𝑝 =”2 + 7 ÷ 3 = 3”, bernilai salah
𝑞 =”Himpunan penyelesaian dari 𝑥2 – 2𝑥 – 3 = 0 adalah {1,-3}”, bernilai salah
r = “25 > 52 + 6”  bernilai benar
A. 𝑝  , maka S S bernilai salah
B.    , maka S S bernilai benar
C. r  , maka B S bernilai salah
D. 𝑝 r , maka S B bernilai salah

4. Manakah dari pernyataan berikut yang ingkarannya berbunyi “𝐴da bilangan prima yang tidak ganjil"
A. Ada bilangan prima yang bernilai genap
B. Untuk setiap 𝑥, 𝑥 bilangan prima 𝑥 bilangan ganjil
C. Jika jumlah dua bilangan prima ganjil, salah satu bilangannya pasti 2
D. Untuk setiap bilangan prima, selain 2, bilangannya pasti ganjil
Jawaban B
Pembahasan
A. Ada bilangan prima yang bernilai genap,
mempunyai ingkaran: Semua bilangan prima bernilai ganjil
B. Untuk setiap 𝑥, 𝑥 bilangan prima 𝑥 bilangan ganjil,
mempunyai ingkaran: Ada 𝑥, 𝑥 bilangan prima dan 𝑥 bilangan tidak ganjil
C. Jika jumlah dua bilangan prima ganjil, salah satu bilangannya pasti 2
Mempunyai ingkaran:jumlah dua bilangan prima ganjil dan salah satu bilangannya bukan 2
D. Untuk setiap bilangan prima, selain 2, bilangannya pasti ganjil
Mempunyai ingkaran: ada bilangan prima selain 2 dan bilangannya tidak ganjil

5. Dari pernyataan-pernyataan berikut, yang bernilai benar adalah:
A. Konvers dari  "2 < 3 atau 3 > 2" adalah "3 > 2 atau 2 < 3"
B. Invers dari ""2 + 3 = 4 + 1" dan "2 adalah akar dari 𝑥 + 1 = 3"” adalah 2 + 3 ≠ 4 + 1 dan 2 bukan akar dari 𝑥 + 1 = 3"”
C. Kontraposisi dari "2 = 3 – 1 4 > 5" adalah "4 ≤ 5 2 ≠ 3 – 1"
D. Tak satu pun dari pilihan A, B, dan C 
Jawaban C
Pembahasan
A. pernyataan "2 < 3 atau 3 > 2" ekuivalen dengan "jika 2 ³ 3, maka 3 > 2"
mempunyai konvers "jika 3 > 2, maka 2 ³ 3"
atau "3 ≤ 2 atau 2 ³ 3"
B. pernyataan ""2 + 3 = 4 + 1" dan "2 adalah akar dari 𝑥 + 1 = 3"” bukan pernyataan implikatif
C. Kontraposisi dari "2 = 3 – 1 4 > 5" adalah "4 ≤ 5 2 ≠ 3 – 1"
D. Tak satu pun dari pilihan A, B, dan C 

6. Ingkaran dari pernyataan “Beberapa bilangan prima adalah bilangan genap” adalah....
A. Semua bilangan prima adalah bilangan genap.
B. Semua bilangan prima bukan bilangan genap.
C. Beberapa bilangan prima bukan bilangan genap. 
D. Beberpa bilangan genap bukan bilangan prima.
Jawaban B
Pembahasan
Misal: p = bilangan prima yang merupakan bilangan genap
–($ p) º "(–p)

7. Perhatikan premis berikut:
Premis 1 : Jika hari  hujan anak-anak tidak masuk sekolah
Premis 2: Hari hujan
Penarikan kesimpulan yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Anak-anak masuk sekolah
B. Anak-anak tidak masuk sekolah
C. Jika hari tidak hujan maka anak-anak masuk sekolah
D. Jika anak-anak tidak masuk seklah maka hari hujan
Jawaban B
Pembahasan
Misal: p = hari hujan, dan q = anak-anak tidak masuk sekolah
p ® q
p
\q

8. Perhatikan premis-premis berikut:
Premis 1: Jika saya bekerja, maka saya mendapat upah.
Premis 2: Saya tidak mendapat upah.
Penarikan kesimpulan yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Jika saya  bekerja maka saya tidak mendapat upah
B. Jika saya mendapat upah maka saya bekerja
C. Saya tidak bekerja
D. Saya bekerja
Jawaban C
Pembahasan
Misal: p = saya bekerja, dan q = saya mendapat upah
p ® q
–q
\–p

9. Perhatikan premis-premis berikut:
Premis 1 : JikaAndi rajin belajar, maka Andi menjadi pandai
Premis 2 : Jika Andi menjadi pandai, maka ia lulus ujian
Penarikan kesimpulan yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Jika Andi rajin belajar, maka ia lulus ujian
B. Jika Andi tidak rajin belajar, maka ia tidak lulus ujian
C. Andi lulus ujian
D. Andi rajin belajar
Jawaban A
Pembahasan
Misal: p = Andi rajin belajar, q = Andi menjadi pandai, dan r = Andi lulus ujian
p ® q
q ® r
\ p ® r

10. Perhatikan premis-premis berikut:
Premis 1 : Jika hari ini hujan, maka Budi tinggal di rumah
Premis 2 : Jika Budi tinggal di rumah, maka Budi belajar
Penarikan kesimpulan yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Jika hari ini hujan, maka Budi tinggal di rumah
B. Budi tinggal di rumah dan Budi belajar
C. Jika Budi tidak belajar, maka hari ini hujan
D. Jika hari ini hujan, maka Budi belajar
Jawaban D
Pembahasan
Misal: p = hari ini hujan, q = Budi tinggal di rumah, dan r = Budi belajar
p ® q
q ® r
\ p ® r

Daftar Pustaka
Harta, I, dkk. 2017. MODUL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN-MATA PELAJARAN MATEMATIKA-SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)-TERINTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN SOAL-KELOMPOK KOMPETENSI B-PROFESIONAL: LOGIKA MATEMATIKA. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN SOAL & PEMBAHASAN TEORI BELAJAR MATEMATIKA

Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 3)