LATIHAN SOAL & PEMBAHASAN LOGIKA MATEMATIKA
1. Soal ini berbentuk
pilhan ganda
2. Kerjakan semua
soal dengan cara memberi tanda silang pada pilihan Anda.
3. Setiap soal hanya
ada satu jawaban benar.
SOAL
LOGIKA MATEMATIKA
1. Perhatikan
pernyataan berikut: “Kuadrat semua bilangan real 𝑥 lebih besar atau sama dengan nol”. Dari pilihan jawaban berikut,
yang paling bernilai benar adalah:
A. Untuk setiap x, x
Î R Þ x2 ³ 0
B. Untuk setiap x, x2
³ 0
C. Semua x berlaku x2 ³ 0
D. Untuk setiap 𝑥, berlaku x2 ³ 0
Jawaban A
Pembahasan
Pada pilihan jawaban
B, C, dan D tidak dijelaskan x sebagai elemen himpunan bilangan real
2. Pernyataan tautologi ((–a Ù (𝑏 ⇒ a)
⇒ –𝑏) dijadikan landasan untuk kevalidan
argumen jenis:
A. Modus ponens
B. Modus tolen
C. Silogisme
D. Kontradiksi
Jawaban B
Pembahasan
A. Modus ponens ((a ⇒ b) Ù a) ⇒ 𝑏)
B. Modus tolen ((–a Ù (𝑏 ⇒ a)
⇒ –𝑏)
C. Silogisme ((a ⇒ b) Ù (𝑏 ⇒ c)) ⇒ (a ⇒ c))
D. Kontradiksi (a Ù –a) = S)
3. Jika diberikan pernyataan-pernyataan
berikut:
𝑝 =”2 + 7 ÷ 3 = 3”,
𝑞 =”Himpunan penyelesaian dari 𝑥2 – 2𝑥 – 3 = 0 adalah {1,-3}”, dan
r = “25 > 52
+ 6”
Maka, pernyataan
majemuk berikut yang bernilai benar adalah
A. 𝑝 ∧ 𝑞
B. 𝑝 ⇒ 𝑞
C. r ⇒ 𝑞
D. 𝑝 ∧ r
Jawaban B
Pembahasan
𝑝 =”2 + 7 ÷ 3 = 3”, bernilai salah
𝑞 =”Himpunan penyelesaian dari 𝑥2 – 2𝑥 – 3 = 0 adalah {1,-3}”,
bernilai salah
r = “25 > 52
+ 6” bernilai benar
A. 𝑝 ∧ , maka S ∧ S bernilai salah
B. , maka S ⇒ S bernilai benar
C. r ⇒ , maka B ⇒ S bernilai salah
D. 𝑝 ∧ r , maka S ∧ B bernilai salah
4. Manakah dari
pernyataan berikut yang ingkarannya berbunyi “𝐴da bilangan prima
yang tidak ganjil"
A. Ada bilangan prima
yang bernilai genap
B. Untuk setiap 𝑥, 𝑥 bilangan prima ⇒ 𝑥 bilangan ganjil
C. Jika jumlah dua
bilangan prima ganjil, salah satu bilangannya pasti 2
D. Untuk setiap bilangan prima, selain 2, bilangannya pasti ganjil
Jawaban B
Pembahasan
A. Ada bilangan prima
yang bernilai genap,
mempunyai ingkaran: Semua bilangan prima bernilai ganjil
B. Untuk setiap 𝑥, 𝑥 bilangan prima ⇒ 𝑥 bilangan ganjil,
mempunyai ingkaran: Ada 𝑥, 𝑥 bilangan
prima dan 𝑥 bilangan
tidak ganjil
C. Jika jumlah dua
bilangan prima ganjil, salah satu bilangannya pasti 2
Mempunyai ingkaran:jumlah
dua bilangan prima ganjil dan salah satu bilangannya bukan 2
D. Untuk setiap bilangan prima, selain 2, bilangannya pasti ganjil
Mempunyai ingkaran: ada bilangan prima selain 2 dan bilangannya
tidak ganjil
5. Dari
pernyataan-pernyataan berikut, yang bernilai benar adalah:
A. Konvers dari "2 < 3 atau 3 > 2" adalah "3 > 2 atau 2 < 3"
B. Invers dari
""2 + 3 = 4 + 1" dan
"2 adalah akar dari 𝑥 + 1 = 3"” adalah 2 + 3
≠ 4 + 1 dan 2 bukan akar dari 𝑥 + 1 = 3"”
C. Kontraposisi dari
"2 = 3 – 1 ⇒ 4
> 5" adalah "4 ≤ 5 ⇒ 2 ≠ 3 – 1"
D. Tak satu pun dari
pilihan A, B, dan C
Jawaban C
Pembahasan
A. pernyataan "2
< 3 atau 3 > 2" ekuivalen
dengan "jika 2 ³ 3, maka 3 > 2"
mempunyai konvers "jika
3 > 2, maka 2 ³ 3"
atau "3 ≤ 2 atau
2 ³
3"
B. pernyataan ""2
+ 3 = 4 + 1" dan "2 adalah akar dari 𝑥 + 1 = 3"” bukan
pernyataan implikatif
C. Kontraposisi dari
"2 = 3 – 1 ⇒ 4
> 5" adalah "4 ≤ 5 ⇒ 2 ≠ 3 – 1"
D. Tak satu pun dari
pilihan A, B, dan C
6. Ingkaran dari
pernyataan “Beberapa bilangan prima adalah bilangan genap” adalah....
A. Semua bilangan
prima adalah bilangan genap.
B. Semua bilangan
prima bukan bilangan genap.
C. Beberapa bilangan
prima bukan bilangan genap.
D. Beberpa bilangan
genap bukan bilangan prima.
Jawaban B
Pembahasan
Misal: p = bilangan
prima yang merupakan bilangan genap
–($ p) º "(–p)
7. Perhatikan premis
berikut:
Premis 1 : Jika
hari hujan anak-anak tidak masuk sekolah
Premis 2: Hari hujan
Penarikan kesimpulan
yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Anak-anak masuk
sekolah
B. Anak-anak tidak
masuk sekolah
C. Jika hari tidak
hujan maka anak-anak masuk sekolah
D. Jika anak-anak
tidak masuk seklah maka hari hujan
Jawaban B
Pembahasan
Misal: p = hari
hujan, dan q = anak-anak tidak masuk sekolah
p ® q
p
\q
8. Perhatikan
premis-premis berikut:
Premis 1: Jika saya
bekerja, maka saya mendapat upah.
Premis 2: Saya tidak
mendapat upah.
Penarikan kesimpulan
yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Jika saya bekerja maka saya tidak mendapat upah
B. Jika saya mendapat
upah maka saya bekerja
C. Saya tidak bekerja
D. Saya bekerja
Jawaban C
Pembahasan
Misal: p = saya
bekerja, dan q = saya mendapat upah
p ® q
–q
\–p
9. Perhatikan
premis-premis berikut:
Premis 1 : JikaAndi
rajin belajar, maka Andi menjadi pandai
Premis 2 : Jika Andi
menjadi pandai, maka ia lulus ujian
Penarikan kesimpulan
yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Jika Andi rajin
belajar, maka ia lulus ujian
B. Jika Andi tidak
rajin belajar, maka ia tidak lulus ujian
C. Andi lulus ujian
D. Andi rajin belajar
Jawaban A
Pembahasan
Misal: p = Andi rajin
belajar, q = Andi menjadi pandai, dan r = Andi lulus ujian
p ® q
q ® r
\ p ® r
10. Perhatikan
premis-premis berikut:
Premis 1 : Jika hari
ini hujan, maka Budi tinggal di rumah
Premis 2 : Jika Budi
tinggal di rumah, maka Budi belajar
Penarikan kesimpulan
yang sahih berdasar premis di atas adalah …
A. Jika hari ini
hujan, maka Budi tinggal di rumah
B. Budi tinggal di
rumah dan Budi belajar
C. Jika Budi tidak
belajar, maka hari ini hujan
D. Jika hari ini hujan, maka Budi belajar
Jawaban D
Pembahasan
Misal: p = hari ini
hujan, q = Budi tinggal di rumah, dan r = Budi belajar
p ® q
q ® r
\ p ® r
Daftar Pustaka
Harta, I, dkk.
2017. MODUL
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN-MATA PELAJARAN MATEMATIKA-SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)-TERINTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN
PENGEMBANGAN SOAL-KELOMPOK KOMPETENSI B-PROFESIONAL: LOGIKA MATEMATIKA.
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar