LATIHAN SOAL & PEMBAHASAN BILANGAN
LATIHAN
SOAL & PEMBAHASAN
BILANGAN
Petunjuk
1.
Di dalam soal evaluasi ini, tersedia 20 soal pilihan ganda dengan empat
pilihan.
2.
Hanya satu pilihan yang benar dari setiap soal tersebut
3.
Lingkarilah jawaban yang Anda anggap benar.
4.
Kerjakan semua soal ini dalam waktu 45 menit.
Soal
1.
Nilai dari 17 + 4 x 3 – (5:2) =. . . .
A.
19 B.
26,5 C. 39 D. 60,5
Jawaban B
Pembahasan
17 +
4 x 3 – (5:2) = 17 + 12 – 2,5 = 26,5
4.
Jika setiap pernyataan dengan operasi ”*” berikut ini dinyatakan benar
2 * 1 = 8
𝟓5 * 2𝟐 = 4𝟒0
𝟓 5 * 3 𝟑 = 6𝟔0
𝟗9 * 2𝟐 = 72𝟐
Maka
20 * 5 = ...
A. 200 B. 300 C. 400 D. 500
Jawaban
C
Pembahasan
2 * 1 = 2 × 1 × 4 = 8
2 * 1 = 2 × 1 × 4 = 8
𝟓5 * 2𝟐 = 5 × 2 × 4 = 𝟒40
𝟓 5 * 3𝟑 = 5 × 3 × 4 = 𝟔60
𝟗 9 * 2𝟐 = 9 × 2 × 4 = 7𝟐2
Maka
20 * 5 = 20 × 5 × 4 = 400
8.
Pada barisan 2, 7, 3, 9, 4, 11, 5, 13, … maka, yang pasti salah dari pernyataan
pada pilihan jawaban berikut adalah … .
A.
Dua suku berikutnya berturut-turut 6 dan 15
B.
Suku-suku ganjilnya membentuk barisan aritmetik
C.
Suku-suku genapnya tidak membentuk barisan geometri
D.
Barisan ini merupakan gabungan dua barisan aritmetik
Jawaban A
Pembahasan
A. Barisan
tersebut adalah 2, 7, 3, 9, 4, 11, 5, 13, 7, 15.
Jadi
dua suku berikutnya berturut-turut adalah 7, 15.
B. Barisan
suku-suku ganjilnya adalah 2, 3, 4, 5, …
Jadi
suku-suku ganjilnya membentuk barisan aritmetik dengan beda 1
C. Barisan
suku-suku genapnya adalah 7, 9, 11, 13, …
Jadi
suku-suku genapnya membentuk barisan aritmetik dengan beda 2, bukan barisan
geometri
D. Dari
bahasan C dan D, maka barisan ini merupakan gabungan dua barisan aritmetik
9.
Jika a679b adalah bilangan lima angka yang habis dibagi 72, maka nilai a dan b berturut turut adalah … .
A. b
= 2 dan a = 3
B. a
= 2 dan b = 3
C. b
= 8 dan a = 9
D. a
= 8 dan b = 9
Jawaban A
Pembahasan
a679b
habis dibagi 72, maka a679b habis dibagi 8
sehingga
79b habis dibagi 8, yaitu 792. Jadi b = 2
a6792 habis dibagi 72, maka a6792 habis dibagi
9
sehingga
(a + 6 + 7 + 9 + 2) habis dibagi 9 atau a + 24 habis dibagi 9. Dengan demikian
a = 3
11. Dari suatu persewaan mobil, diketahui bahwa mereka
mempunyai dua skema untuk mengetahui biaya sewa mobilnya. Skema tersebut adalah
sebagai berikut:
Skema 1: Sewa mobil boleh dipakai selama 48 jam, dengan
biaya Rp600.000 per hari.
Skema 2: Sewa mobil selama 12 jam pertama adalah
Rp400.000. Akan tetapi, manakala mobil dipakai selama lebih dari 12 jam dan
kurang dari 36 jam, kelebihannya akan dikenakan charge sebesar Rp25.000
per jam, dan manakala pemakaian mobil lebih dari 36 jam sampai dengan 48 jam,
charge-nya ditambahkan Rp50.000 per jam terhitung dari jam ke 37.
Anda akhirnya menyewa mobil di rental tersebut selama 40
jam. Maka… .
B. kalau Anda menggunakan skema 2, maka kalimat
matematika yang bisa digunakan untuk menghitung biayanya adalah 𝟒00.000 + 𝟐𝟒 × 𝟐𝟓.000 + 𝟏𝟐 × 𝟓0.000
C. kalau Anda menggunakan skema 1, maka kalimat
matematika yang bisa digunakan untuk menghitung biayanya adalah 𝟒00.000 + 𝟐𝟒 × 𝟐𝟓.000 + 5 × 𝟓0.000
D. biaya sewanya tidak sama dengan jawaban A, B, dan C di
atas
Jawaban D
Pembahasan
Dengan skema 1: 40 jam
dibulatkan menjadi 2 hari. Jadi biaya yang dikeluarkan
2 ×
Rp 600.000,00 = Rp 1.200.000,00
Dengan skema 2: biaya yang
dikeluarkan untuk 40 jam adalah 400.000 + (36 – 12) × 25.000 + 4 × 50.000
Jadi
dari pilihan jawaban A, B dan C tidak ada yang sesuai dengan kedua skema
tersebut
12.
Jika suatu barang dengan harga 𝒙, didiskon ganda 𝟓0% + 20%, artinya diskon dulu 𝟓0% kemudian sisanya didiskon
lagi 𝟐0%, maka kalau kita membeli barang tersebut, nilai uang yang harus
kita keluarkan adalah … .
A.
0, B. 0,𝟒𝒙 C. 0,𝟐𝟓𝒙 D. 0,𝟑
Jawaban B
Pembahasan
Setelah
didiskon 50% maka harga yang dibayarkan adalah x – 0,5x = 0,5x
Setelah
didiskon 20% maka harga yang dibayarkan adalah 0,5x – (0,2 × 0,5x) = 0,5x – 0,1x = 0,4x
13.
Andi membuat pola berikut di atas kertas dengan grid(petak) ukuran 4 × 4 𝒎𝒎2.
Andi
mengestimasi luas pola tersebut adalah…
A.
128 B. 140 C. 208 D. 290
Jawaban C
Pembahasan
Berdasarkan
estimasi di atas jumlah kotak yang diarsir adalah 13 kotak.
Dengan
demikian luas daerah yang diarsir adalah 13 × 16 = 208 mm2
14.
Penggunaan teknik ujung terdepan satu kolom (one column front-end),
untuk menentukan estimasi hasil penjumlahan dua bilangan berikut yang Tepat
adalah … .
A.
2573 + 168 = 3000
B. 𝟏𝟗𝟏, 𝟑 + 𝟐𝟏𝟒,7 = 𝟑00
C. 𝟏𝟔7𝟑 + 𝟐𝟒𝟖𝟏 = 𝟒000
D. 𝟓𝟏𝟓𝟏𝟒 + 𝟐𝟑7𝟖 = 70000
Jawaban C
Pembahasan
A.
2573 + 168 » 2500 + 200 = 2700 ¹ 3000
B. 𝟏𝟗𝟏, 𝟑 + 𝟐𝟏𝟒,7 » 200
+ 200 = 400 ¹ 𝟑00
C. 𝟏𝟔7𝟑 + 𝟐𝟒𝟖𝟏 » 2000 + 2000 = 𝟒000
D. 𝟓𝟏𝟓𝟏𝟒 + 𝟐𝟑7𝟖 » 51000 + 2000 = 53000 ¹ 70000
15.
Pertanyaan berikut yang benar adalah … .
A.
23,0060 memiliki 5 angka yang penting
B.
0,0001 memiliki empat angka yang penting
C.
3,000000 memiliki 7 angka yang penting
D.
10,102 memiliki 3 angka penting
Jawaban C
Pembahasan
A.
23,0060 memiliki 6 angka yang penting
B.
0,0001 memiliki 1angka yang penting
C.
3,000000 memiliki 7 angka yang penting
D.
10,102 memiliki 5 angka penting
16.
Tiga bilangan berikutnya dari pola bilangan 2, 5, 9, 14, … adalah
A.
20, 26, 32 B. 21, 28, 35 C. 21, 29, 38 D. 20, 27, 35
Jawaban D
Pembahasan
Dari
2 ke 5 ditambah 3
Dari
5 ke 9 ditambah 4
Dari
9 ke 14 ditambah 5, maka selanjutnya
14 +
6 = 20
20 +
7 = 27
27 +
8 = 35
Jadi
3 suku berikutnya adalah 20, 27, 35
A. 2
B. 3 C. 4 D. 5
Jawaban B
Pembahasan
Bilangan
5.721 bukan bilangan genap, maka tentu tidak habis dibagi 2 atau 4
Bilangan
5.721 tidak diakhiri bilangan 0 atau 5, sehingga tidak habis dibagi 5
Bilangan
5.721 habis dibagi 3, yaitu 1.907
19.
Pada pola bilangan segitiga Pascal jumlah bilangan pada baris ke-7 adalah…
A. 8 B. 16 C. 32 D. 64
Jawaban D
Pembahasan
Pada
baris ke 7 maka jumlah bilangannya adalah 26 = 64
20. Arka
membuat pola berikut di atas kertas dengan grid (petak) ukuran 5 × 5 mm2.
Arka mengestimasi
luas pola tersebut adalah … 𝑚𝑚
A.200 B.275 C.375 D.550
Jawaban C
Pembahasan
Berdasarkan
estimasi di atas jumlah kotak yang diarsir adalah 14 kotak.
Dengan
demikian luas daerah yang diarsir adalah 15 × 25 = 375 mm2
Daftar Pustaka
Sujadi, I & As’ari,
A. 2017. MODUL PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN-MATA PELAJARAN MATEMATIKA-SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP)-TERINTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN
PENGEMBANGAN SOAL-KELOMPOK KOMPETENSI A-PROFESIONAL: BILANGAN. Direktorat Pembinaan Guru
Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar