Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 2)

SOAL & PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP 2016 (BAGIAN 2)


Hai hai hai... jumpa lagi dengan Atiek. Sebelumnya sudah kita bahas Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 1). Ayo kita lanjutkan bahasan kita mengenai Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 2). 
Pada Bagian 2 ini kita kupas tuntas nomor 9 - 16. 
Selamat Belajar. Semoga Sukses ya teman...

9. Perhatikan gambar Persegi berikut!
Selisih antara banyak persegi yang diarsir dengan yang tidak diarsir pada pola ke delapan adalah …
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
Pembahasan
Dengan pola yang sama didapatkan pola ke-8 sebagai berikut:
Banyak persegi yang tidak diarsir adalah 28
Banyak persegi yang diarsir adalah 36
Jadi, selisih Banyak persegi yang diarsir dengan yang tidak diarsir adalah 36 – 28 = 8
(Jawaban C)

10. Suku ke-2 dan ke-4 suatu barisan geometri 6 dan 24. Suku ke-10 barisan tersebut adalah …
A. 1.535
B. 1.536
C. 3.071
D. 3.072
Pembahasan
Ingat Rumus Suku ke-n dari barisan geometri adalah Un = arn-1
Misal:
Suku ke-2 adalah ar = 6
Suku ke-4 adalah ar3 = 24
Diketahuu ar3 = ar × r2 = 24
Dengan menggunakan substitusi ar  = 6 ke ar × r2 = 24 didapatkan
6 × r2 = 24
Sehingga;
r2 = 4
 Maka 

Jadi, Suku ke-10 adalah ar9 = ± 3 × ± 29 = 1.536
(Jawaban B)

Pembahasan
Banyak lembar uang yang diterima anak ke-4 adalah 8 lembar, sehingga ar3 = 8
Banyak lembar uang yang diterima anak ke-5 adalah 4 lembar, sehingga ar4 = 4
Kita tahu ar4 = ar3× r = 4
Sehingga 8 × r = 4
Maka 
Dengan demikian

Ingat Rumus Deret Jumlah Geometri untuk r < 1 adalah 


Maka, 
 lembar

Jadi uang yang dibagikan Ayah adalah 124 × 2.000 = 248.000
(Jawaban C)

Pembahasan
Misal: harga satu ikat bayam adalah a, dan harga satu ikat kangkung adalah b
a = 2b             
20a + 50b = 225.000
Dengan menggunakan substitusi a = 2b ke 20a + 50b = 225.000 didapatkan
20(2b) + 50b = 225.000
40b + 50b = 225.000
90b = 225.000
b = 2500
selanjutnya, a = 2b = 2 × 2500 = 5000
25a + 60b = 25×5000 + 60×2500 = 125.000 + 150.000 = 275.000
(Jawaban B)

Pembahasan
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12}
P = {2, 3, 5, 7, 11}
Q = {1, 3, 5, 7, 9, 11}
P Ç Q = {3, 5, 7, 11}
Jadi, diagram venn yang tepat adalah

(Jawaban C)

Pembahasan
Misal
S = {Himpunan siswa sebuah kelas)
A = {Himpunan siswa yang pernah berkunjung ke Ancol}
B = {Himpunan siswa yang pernah berkunjung ke Taman Mini}
Maka:
n(S) = 40, n(A) = 30, n(B) = 25, n((A È B)C) = 10
sehingga:
n(A È B) = n(S) - n((A È B)C) = 40 – 10 = 30
n(A Ç B) = n(A) + n(B) – n(A È B) = 30 + 25 – 30 = 25
(Jawaban D)

 Pembahasan
Pernyataan yang benar adalah I dan III, karena II dan IV adalah pernyataan yang salah. Berikut pemfaktoran yang benar dari II dan IV
 
(Jawaban D)

Pembahasan
n(A) = 3 dan n(B) = 5
banyak pemetaan dari A ke B adalah 

(Jawaban C)

Demikian pembahasan Soal UN Matematika Nomor 9 - 16. Bagaimana, apakah masih ada kesulitan. Apabila ada, silahkan tulis di kolom komentar, dan akan kita diskusikan sama-sama ya. Oke, Selamat belajar & Semoga Sukses teman. Sampai Jumpa di Soal & Pembahasan UN Matematika SMP (Bagian 3).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN SOAL & PEMBAHASAN LOGIKA MATEMATIKA

LATIHAN SOAL & PEMBAHASAN TEORI BELAJAR MATEMATIKA

Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 3)