Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 2)
SOAL & PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP 2016 (BAGIAN 2)
Hai hai hai... jumpa lagi dengan Atiek. Sebelumnya sudah kita bahas Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 1). Ayo kita lanjutkan bahasan kita mengenai Soal & Pembahasan UN Matematika SMP 2016 (Bagian 2).
Pada Bagian 2 ini kita kupas tuntas nomor 9 - 16.
Selamat Belajar. Semoga Sukses ya teman...
9.
Perhatikan gambar Persegi berikut!
Selisih
antara banyak persegi yang diarsir dengan yang tidak diarsir pada pola ke
delapan adalah …
A.
6
B.
7
C.
8
D.
9
Pembahasan
Dengan
pola yang sama didapatkan pola ke-8 sebagai berikut:
Banyak
persegi yang tidak diarsir adalah 28
Banyak
persegi yang diarsir adalah 36
Jadi,
selisih Banyak persegi yang diarsir dengan yang tidak diarsir adalah 36 – 28 =
8
(Jawaban C)
10. Suku ke-2 dan ke-4 suatu barisan geometri
6 dan 24. Suku ke-10 barisan tersebut adalah …
A. 1.535
B. 1.536
C. 3.071
D. 3.072
Pembahasan
Ingat Rumus Suku ke-n dari barisan geometri
adalah Un = arn-1
Misal:
Suku ke-2 adalah ar = 6
Suku ke-4 adalah ar3 = 24
Diketahuu ar3
= ar × r2 = 24
Dengan menggunakan substitusi ar
= 6 ke ar × r2 = 24 didapatkan
6 × r2
= 24
Sehingga;
r2 = 4
Maka
Jadi, Suku ke-10 adalah ar9 = ± 3 × ±
29 = 1.536
(Jawaban B)
Banyak lembar uang yang diterima anak ke-4
adalah 8 lembar, sehingga ar3
= 8
Banyak lembar uang yang diterima anak ke-5
adalah 4 lembar, sehingga ar4
= 4
Kita tahu ar4
= ar3× r = 4
Sehingga 8 × r = 4
Dengan demikian
Maka,
Jadi uang yang dibagikan Ayah adalah 124 ×
2.000 = 248.000
(Jawaban C)
Pembahasan
Misal: harga satu ikat bayam adalah a, dan harga satu ikat kangkung adalah b
a = 2b
20a
+ 50b = 225.000
Dengan menggunakan substitusi a = 2b
ke 20a + 50b = 225.000 didapatkan
20(2b) + 50b
= 225.000
40b
+ 50b = 225.000
90b
= 225.000
b = 2500
selanjutnya, a = 2b = 2 × 2500 = 5000
25a
+ 60b = 25×5000 + 60×2500 = 125.000 +
150.000 = 275.000
(Jawaban B)
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12}
P = {2, 3, 5, 7, 11}
Q = {1, 3, 5, 7, 9, 11}
P Ç Q = {3, 5, 7, 11}
Jadi, diagram venn yang
tepat adalah
(Jawaban C)
Pembahasan
Misal
S = {Himpunan siswa sebuah kelas)
A = {Himpunan siswa yang pernah berkunjung ke
Ancol}
B = {Himpunan siswa yang pernah berkunjung ke
Taman Mini}
Maka:
n(S) = 40, n(A) = 30, n(B) = 25, n((A È B)C)
= 10
sehingga:
n(A È B) = n(S) - n((A È B)C)
= 40 – 10 = 30
n(A Ç B) = n(A) + n(B) – n(A È B) =
30 + 25 – 30 = 25
(Jawaban D)
Pembahasan
Pernyataan yang benar adalah I dan III,
karena II dan IV adalah pernyataan yang salah. Berikut pemfaktoran yang benar
dari II dan IV
(Jawaban D)
Pembahasan
n(A) = 3 dan n(B) = 5
banyak pemetaan dari A ke B adalah
(Jawaban C)
Demikian pembahasan Soal UN Matematika Nomor 9 - 16. Bagaimana, apakah masih ada kesulitan. Apabila ada, silahkan tulis di kolom komentar, dan akan kita diskusikan sama-sama ya. Oke, Selamat belajar & Semoga Sukses teman. Sampai Jumpa di Soal & Pembahasan UN Matematika SMP (Bagian 3).
Komentar
Posting Komentar